Legenda Terbaik – Pele Atau Maradona?

Dua legenda besar sepakbola dunia dari dua negara yang saling bermusuhan dan dua generai yang berbeda. Pele, lahir pada 23 Oktober 1940, adalah pemain yang hidup


Saatnya Anda menyatakan pendapat: Siapa legenda sepakbola terbaik, Pele atau Diego Maradona?

Edson Arantes “Pele” do Nascimento dan Diego Armando Maradona.

Dua legenda besar sepakbola dunia dari dua negara yang saling bermusuhan dan dua generai yang berbeda.

Pele, lahir pada 23 Oktober 1940, adalah pemain yang hidup pada zaman ketika sepakbola tumbuh berkembang sebagai olahraga yang paling diminati masyarakat dunia.

Sukses mengantarkan tim samba Brasil juara dunia tiga kali (1958, 1962, dan 1970), Pele juga diakui FIFA sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak hingga saat ini. Dalam kiprahnya bersama Santos, New York Cosmos, dan timnas Brasil, Pele mampu mengemas 1281 gol! Rekor yang pasti sulit dipatahkan sampai kapan pun.

Diego Maradona, lahir 30 Oktober 1960, adalah pemain yang kisah hidupnya dilengkapi dengan kejayaan dan nestapa.

Dianggap tampil sendirian saat membawa Argentina juara dunia 1986, karir Maradona merosot tajam akibat mencandu kokain. Tapi, sisi gelap itu tidak membuat Maradona kehilangan cinta para pengagumnya. Maradona adalah dewa! Gol keduanya ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986 dinobatkan sebagai Gol Terbaik Abad Ini oleh FIFA.

Jika Pele mengisi waktu pensiunnya dengan aktif berpolitik — mulai dari menjadi menteri di negeri sendiri, memerangi korupsi dengan kampanye bernama dirinya sendiri, dan giat dalam badan organisasi PBB; Maradona lebih sering mengisi lembaran media dengan upaya pemulihan dirinya dari kecanduan narkoba.

Sepertinya jalan mulus Pele membuatnya nyaris tak memiliki musuh. Jangan salah dulu, eks pelatih timnas Brasil Luiz Felipe Scolari pernah merasa sangat terganggu saat Pele merecoki pemilihan skuadnya pada kualifikasi Piala Dunia 2002.

“Jangan dengarkan dia, Pele tak becus jadi pelatih!” cerca Big Phil yang kemudian malah sukses membawa Brasil juara dunia untuk kali kelima di Jepang-Korea. Sedikit batu sandungan dialami Pele ketika anaknya, Edinho, terjerat masalah narkoba dan dijatuhi hukuman penjara.

Di Argentina, meski hidup penuh kontroversi, tidak ada yang menyangsikan status legenda Maradona. Dekat dengan lingkungan kepresidenan, terutama saat Carlos Menem masih berkuasa, figur Maradona selalu dihormati di stadion Bombonera, markas eks klubnya Boca Juniors.  Setidaknya Maradona sudah mencoba menguji status legenda itu dengan memberanikan diri menjadi pelatih timnas Argentina.

Plus dan minus. Sulit menentukan siapa yang terbaik di antara mereka, tapi bagaimana pendapat Anda? Anda juga bisa memilih dan melihat siapa yang lebih unggul antara Pele dan Maradona dalam jajak pendapat BB17PLUS.COM  di bawah ini…

  1. pele vs maradona

    1. pelle
    2. maradona
    0 votes
    Share Your Result

APA REAKSI ANDA?

tidak suka tidak suka
0
tidak suka
bingung bingung
0
bingung
kesal kesal
0
kesal
lucu lucu
0
lucu
terkejut terkejut
0
terkejut
suka suka
0
suka
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Bb17Plus

Bagi pecinta sepakbola yang baik kami menyajikan pertandingan sepak bola terbaik dalam sejarah Football League

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LIHAT LEBIH BANYAK : berita bola

JANGAN LEWATKAN

Pilih Kategori Posting
Kuis
Tes Pengetahuan Anda Mengenai Sepak Bola
Trivia quiz
Menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Piala Dunia, yang jawabannya bisa juga ditemukan di artikel-artikel kanal Pesta Bola Dunia
Voting
Voting pemain dan klub sepak bola posting di sini
Artikel
Formatted Tulisan bisa melampirkan html dan visual secara lengkap
Generator Meme
Upload foto Anda juga bisa menambahkan teks sendiri
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Gif
GIF format